Ketahui 5 Keunikan Lidah Manusia yang Tidak Kita Sadari

Kesehatan Mulut - Salah satu panca indera yang sangat vital adalah lidah. Kita tidak bisa merasakan beragam masakan dan makanan serta minuman tanpa fungsi dari lidah. Ia bertugas untuk penghubung yang mengirimkan sinyal ke otak untuk merespons dan merasakan beragam rasa. Kita akhirnya bisa makan dan minum dengan baik yang mampu membuat tubuh tetap sehat karena selera kita akan baik saat bisa mengecap makanan dan minuman dengan baik.

Selain fungsi dari lidah yang sangat vital dan juga penting, maka anda juga perlu mengetahui wawasan tentang lidah yang akan memberikan anda kejutan tantang keunikannya.

Keunikan Lidah Manusia

Berikut merupakan 5 keunikan lidah yang harus anda ketahui.

1. Benjolan Kecl-Kecil yang Sensitif

Tentu anda tahu benjolan kecil-kecil yang ada pada lidah anda. Benjolan kecil-kecil tersebut sebanarnya adalah papila. Ia berfungsi sebagai reseptor rasa yang sangat sensitif terhadap semua rangsangan rasa yang diterimanya. Semua permukaan pada papila sangatlah sensitif sehingga anda akan merasakan semua rasa yang ada pada lidah. 

2. Umami 

Umami merupakan bahasa jepang yang berarti gurih yang mana istilah itu adalah isitlah yang di berikan pada lidah yang bisa merasakan  rasa ke 5 setelah manis, asin, asam, pahit. 

3. Sel yang Terus Beregenerasi

Sel dalam lidah sangat unik sebab ia tidak berhenti beregenerasi. Selnya beregenerasi dalam jangka watu 10 hari sampai 2 minggu. Regenerasi sel itu selalu berkembang dari yang namanya sel basal menjadi sel rasa. Jika anda merasakan rasa panas yang terasa seperti membakar lidah anda maka rasa panas tersebut tidak akan mampu mematikan proses regenerasi sel tersbeut. 

4. Merokok Membunuh Sensitivitas

Kebiasaan merokok sangatlah berbahaya bagi lidah anda. Merokok mampu membunuh sensitivitas yang ada dalam lidah sehingga bisa mengacaukan indera perasa anda. Jika hal tersebut terjadi lama kelamaan anda akan merasa tidak nyaman mengecap beragam rasa saat anda makan. 

5. Beberapa Orang Lidahnya Sangat Sensitif

Beberapa orang tertentu memiliki lidah yang sangat sensitif atau dikatakan memiliki indera perasa yang sangat tajam. Mereka bisa merasakan rasa manis, asam, pahit dan juga manis dengan lebih tajam daripada orang lain. 
Itulah beberapa keunikan lidah manusia yang sangat menakjubkan. Anda tentunya telah mengetahui betapa berharganya lidah anda sebagai indera perasa. 

0 Response to "Ketahui 5 Keunikan Lidah Manusia yang Tidak Kita Sadari"

Post a Comment