Penyebab Erosi Pada Gigi Yang Wajib Diketahui

Kesehatan Gigi - Sebagian besar orang masih belum paham akan penyebab erosi gigi sehingga masalah erosi masih belum mendapatkan perhatian yang khusus. Erosi pada gigi adalah proses hilangnya jaringan keras pada gigi karena zat kimia tertentu. Sehingga dalam proses erosi gigi tidak disebabkan oleh bakteri pada gigi melainkan dari beberapa zat kimia. Zat kimia yang paling banyak menimbulkan erosi pada gigi adalah zat asam. Zat ini bersifat sangat kuat dalam mengikis dan menghilangkan beberapa jaringan penting penyusun gigi.

Seseorang yang belum paham akan penyebab erosi gigi bisa saja melakukan hal-hal yang dapat menyebabkan gigi mengalami erosi sebab penyebab dari erosi gigi kebanyakan adalah berasal dari hal-hal yang sehari-hari kita lakukan. Hal ini patut untuk diketahui supaya anda tidak melakukan hal yang dapat menyebabkan gigi anda mengalami erosi.

Penyebab Erosi Pada Gigi Yang Wajib Diketahui

Penyebab dari erosi gigi sebenarnya dibagi menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut:

  • Penyebab dari erosi gigi yang berasal dari dalam
    Penyebab ini berarti berasal dari dalam tubuh, yakni bisa karena penyakit atau juga karena kondisi psikologis. Penyakit dan juga kondisi psikologis seseorang seperti bolimia dan anoreksia nervosa merupakan penyebab dari erosi pada gigi. Apabila seseorang mengalami anoreksia nervosa atau takut akan menjadi gemuk makan orang tersebut makan hanya sedikit sehingga dapat menyebabkan asam lambung menjadi meningkat. Peningkatan asam lambung ini bisa sampai ke rongga bibir dan mengenai gigi. Akibatnya gigi akan terkikis oleh zat asam dalam asam lambung tersebut.
  • Penyebab dari erosi gigi yang berasal dari luar
    Penyebab erosi gigi dari luar adalah karena faktor pola makan seseorang. Makan juga berpengaruh besar terhadap peristiwa erosi pada gigi. Makanan yang mengandung kadar asam tinggi juga dapat membuat gigi mengalami erosi.
Makanan memang bisa menjadi faktor penyebab utama dalam erosi gigi. Hal ini memang wajar sebab beberapa jenis makanan yang beredar adalah hampir semuanya dapat menyebabkan erosi pada gigi. Tetapi ada beberapa jenis makanan yang kandungan asamnya sangat kuat sehingga makanan tersebut apabila dikonsumsi terlalu sering maka akan menyebabkan erosi gigi yang fatal. Jenis-jenis makanan tersebut antara lain:
  • Jus buah asam
    Jus buah memang baik bagi kesehatan, tetapi meminum jus buah yang kadar asamnya sangat tinggi dalam jumlah yang berlebih dapat menyebabkan erosi gigi. Jus buah yang kadar asamnya sangat tinggi adalah berasal dari buah jeruk dan buah apel.
  • Minuman bersoda
    Minuman bersoda juga dapat menyebabkan erosi pada gigi. Jangan terlalu sering minum minuman yang mengandung soda.
  • Wine
    Minuman wine juga mengandung asam kuat sehingga dapat menyebabkan gigi mengalami erosi.
  • Acar
    Makanan acar juga merupakan salah satu penyebab erosi gigi. Makanan acar mengandung asam tinggi yang berasal dari cuka. Jangan terlalu sering makan acar supaya terbebas dari erosi gigi.
Tips Gigi Lainnya:
Nah, Seperti itulah penjelasan penyebab erosi gigi yang mesti diketahui, Semoga dengan informasi diatas anda dapat memiliki gigi yang sehat dan kuat.

0 Response to "Penyebab Erosi Pada Gigi Yang Wajib Diketahui"

Post a Comment