Ancaman Penyakit Berbahaya di Balik Gusi Berdarah

Kesehatan Gusi - Apakah di saat anda menyikat gigi, terkadang gusi anda berdarah? Apakah anda menganggap itu adalah hal yang biasa? Jangan anggap remeh. Gusi berdarah mungkin saja berasal dari gesekan sikat gigi. Namun tidak semua begitu.

Ancaman yang ada dibalik gusi berdarah sangatlah berbahaya. Ada beberapa diagnosa penyakit yang mungkin anda derita karena gusi berdarah ini. Dibawah ini adakah uraiannya.
Ancaman Penyakit Berbahaya di Balik Gusi Berdarah
Credit Image : citizen6.liputan6.com

Berikut Ancaman yang penyakit mematikan di Balik Gusi yang Berdarah

1. Penyakit Idiopathic Thrombocytopenic Purpura (ITP)

Penyakit ini merupakan sejenis penyakit kelamin. Penyakit kelamin ini memang sangat mempengaruhi trombosit darah sehingga mudah membuat gusi anda berdarah. Selain f=di wilayah gusi anda juga biasanya akan mudah berdarah di usus sehingga berak darah, dan juga bagian kelamin anda. Sebaiknya hindari mengonsumsi obat seperti aspirin dan ibuprofen.
2. Leukemia

Anda tentu tahu bahwa leukemia adalah penyakit kanker menimbulkan produksi sel darah putih berlebihan di dalam sumsum tulang. Kebanyakan leukemia pada anak memiliki gejala awal peradangan gusi atau gingivitis. Sehingga masuknya sel-sel leukemia ke dalam gusi menyebabkan gusi meradang dan menurunkan kemampuannya untuk melawan infeksi, sehingga gusi menjadi mudah berdarah. Perdarahan akan berlanjut sampai beberapa menit, karena darah tidak membeku secara normal.
Baca juga: 5 Penyebab Utama Gusi Sering Berdarah Secara Tiba-Tiba
3. Hemofilia

Penyakit ini sungguh sangat berbahaya. Yaitu darah tidak dapat membeku dengan sendirinya secara normal.Kebanyakan dari penderita penyakit ini sangatlah rentan dengan kematian. Biaisanya ditandai dengan perdarahan spontan yang berat serta nyeri sendi yang menahun. Hemofilia banyak terjadi pada laki-laki. Sedangkan wanita hanya menjadi pembawa sifat (carrier). Hemofilia ringan menyebabkan darah lama membeku setelah cabut gigi, operasi atau saat terkena trauma yang minimal.

4. Kelainan Faktor Pembeku Darah VII

Kelainan ini menyebabkan fibrin bekuan darah menjadi tidak terbentuk dengan kuat hal itu membuat perdarahan sulit dan akan sangat lama berhentinya.
Lihat juga: 12 Cara Mengobati Sakit Gusi Bengkak
5. Penyakit Von Willebrand

Mungkin anda asing dengan ini. Faktor Von Willebrand (VWF) adalah protein yang membantu platelet berkumpul dan membeku. Jika kadar VWF dalam darah rendah, platelet tidak akan berfungsi dengan normal sehingga memperpanjang masa perdarahan. Penyakit ini ditandai dengan mudah memar, perdarahan hidung, gusi dan menstruasi yang berlebihan.

6. Anemia Aplastik

Anemia aplastik disebabkan oleh infeksi virus, penyakit autoimun, atau efek samping penggunaan obat. Gejala yang muncul dalam mulut, antara lain; petekie, pembesaran dan perdarahan spontan pada gusi, serta ulkus herpetik pada mukosa mulut dan gusi.

Itulah beberapa kemungkinan penyakit yang biasanya ditandai dengan gusi berdarah.Semoga dengan informasi diatas anda dapat mengenal penyakit yang ditandai dengan berdarahnya gusi.

0 Response to "Ancaman Penyakit Berbahaya di Balik Gusi Berdarah"

Post a Comment