12 Cara Mengobati Sakit Gusi Bengkak

Kesehatan Gusi - Gusi bengkak memang sangat menyiksa. Banyak orang yang mengeluh tidak nyaman karena gusi bengkak. Sekarang ini banyak sekali produk yang dijual di pasaran untuk mengatasi gigi bengkak. Anda harus mengerti jika tidak semua produk yang ada di pasaran aman untuk Anda gunakan.

Lebih baik Anda menggunakan cara mengobati sakit gusi bengkak yang alami. Cara alami memang lebih aman dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya. Sebelum mengetahui cara mengobati sakit gusi bengkak ketahi dulu apa - apa penyebab terjadinya gusi bengkak.

mengobati sakit gusi bengkak
Ilustrasi Mengalami Sakit Gusi Bengkak
 1  Kebersihan Mulut

Kebersihan mulut menjadi hal utama yang harus diperhatikan dalam menjaga kesehatan mulut dan juga mengatasi gusi yang bengkak. Saat anda makan maka sisa makanan akan melengket pada sela-sela gigi dan gusi yang bisa memberikan resiko adanya bakteri yang menjadi salah satu penyebab dari gusi bengkak. Banyak sekali orang yang menganggap dengan rajin menyikat gigi maka akan menjamin kebersihan mulut juga. Namun anda harusnya tetap memperhatikan hal-hal seperti kebersihan lidah dan wilayah sekitar mulut.

 2  Kawat Gigi atau Behel

Pemakaian behel atau kawat gigi juga merupakan salah satu penyebab utama terjadinya gusi bengkak. Sebab jika memasang behel atau kawat gigi dengan sangat rapat dengan gusi maka akan memberikan tekanan yang membuat gusi bengkak dan bahkan bisa menyebabkan iritasi.

 3  Makanan yang Tidak Sehat

Mengonsumsi makanan yang tidak sehat juga mempengaruhi kesehatan dan pembengkakan gusi. Oleh karena itu makanan yang mengandung banyak gula adalah hal yang utamanya harus anda hindari.

 4  Kekurangan Vitamin

Kekurangan vitamin utamanya vitamin C merupakan hal yang bisa mengakibatkan sariawan dan juga gusi bengkak. 

 5  Masa Kehamilan

Masa kehamilan merupakan masa yang sangat berpotensi bisa merusak gigi dan juga terjadinya pembengkakan gusi. Hal tersebut terjadinya karena ibu hamil mengalami kekurangan kandungan gizi tubuh sebab harus dibagi dengan janin yang sedang dikandungnya.

Demikian penjelasan mengenai penyebab terjadinya gusi bengkak. Apabila Anda ingin mengerti cara mengobati gusi bengkak yang alami dan ampuh bacalah uraian di bawah ini.

    Ketahui Cara Mengobati Sakit Gusi yang Bengkak    

Cara Mengobati Sakit Gusi Bengkak
Ilustrasi Gusi yang Bengkak


 1  Menggunakan Garam


Cara mengobati sakit gusi bengkak yang pertama adalah menggunakan garam. Bahan yang satu ini memang menjadi bahan makanan yang umum untuk mengobati gusi bengkak. Anda cukup menggunakan satu sendok teh garam dan mencampurnya dengan air hangat. Aduk hingga rata dan setelah itu gunakan untuk berkumur. Lakukan secara rutin minimal 3 kali dalam sehari dan Anda akan merasakan gusi bengkak sembuh dalam waktu yang cepat.


 2  Minyak Cengkeh


Cara mengobati sakit gusi bengkak yang kedua adalah menggunakan minyak cengkeh. Minyak cengkeh memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apabila Anda akan menggunakan minyak ini untuk mengobati gusi bengkak secara cepat maka Anda harus menggunakan minyak cengkeh yang asli. Anda cukup mengoleskan minyak tersebut pada gusi yang sakit. Lakukan dengan rutin minimal 2 kali dalam sehari. Dalam waktu yang cepat gusi yang bengkak akan kembali normal.
 3  Jeruk Nipis



Cara mengobati sakit gusi bengkak yang ketiga adalah menggunakan jeruk nipis. Anda cukup menggunakan jeruk nipis yang sudah matang dan setelah itu peras jeruk nipis tersebut. Tambahkan satu gelas air hangat dan aduk hingga merata. Gunakan ramuan tersebut untuk berkumur. Akan lebih baik jika Anda menggunakan ramuan ini pada malam hari sebelum tidur dan juga pada saat Anda bangun pagi.


 4  Menggunakan Madu


Cara mengobati sakit gusi bengkak yang keempat adalah menggunakan madu. Madu adalah bahan makanan yang memiliki banyak manfaat. Dalam madu terdapat zat yang bisa membuat pembengkakan menjadi reda. Apabila Anda akan menggunakan madu untuk mengatasi gusi bengkak Anda cukup mengoleskan madu tersebut pada bagian gusi yang sakit. Oleskan minimal 3 kali dalam sehari dan setelah itu Anda akan merasakan gusi yang bengkak akan sembuh. Anda harus memastikan madu yang digunakan adalah madu alami.


 5  Bawang Merah


Cara yang terakhir adalah menggunakan bawang merah. Bawang merah juga memiliki zat yang bisa meredakan pembengkakan. Anda cukup melembutkan bawang merah dan oleskan pada gusi yang sakit. Cara yang satu ini sangat ampuh. Tetapi banyak orang yang enggan untuk menggunakan cara ini karena tidak tahan dengan rasa dan bau dari bawang merah. Anda juga bisa mencampurkan bawang merah tersebut dengan garam. 

 6   Mengunakan Lemon dan Air Hangat

Lemon dan air hangat adalah cara yang cukup ampuh, anda hanya perlu menggunakan ¼ lemon, lalu peras airnya lalu campurkan dangan ½ gelas air hangat. Kemudian kumur-kumur, lakukan cara ini 2 kali sehari maka gusi anda akan cepat sembuh dari pembengkakan.


 7  Banyak Minum Air Putih

Perbanyaklah untuk minum air putih untuk mengurangi bakteri pada mulut dan juga anda bisa menggantikan fungsi air liur yang berkurang dengan mengonsumsi air putih dengan banyak.


 8  Mengurangi stress

Kesehatan gigi dan gusi merupakan hal yang juga dipengaruhi oleh adanya stress. Maka dari itu kurangilah stess dan carilah waktu untuk refreshing dan menyegarkan pikiran anda. Dengan menghindari stress kesehata mulut akan menjadi lebih baik.


 9  Pijatan Gusi

Anda bisa melakukanpijatan gusi pada gusi anda dengan menggunakna jari telunjuk dan memijat gusi yang bengkak dengan gerakan melingkar dan juga berulang-ulang. Namun pastikan untuk menggunakan tangan yang bersih agar tidak memicu bakteri lain pada mulut anda.


 10  Modifikasi diet

Hindarilah makana yang kurang baik bagi gusi dengan menggantikannya dengan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C. jadi tambahkanlah menu pada diet anda dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin yang baik bagi tubuh.


 11  Mengobati Gusi Bengkak dengan Hidrogen peroksida atau baking soda

Obat kumur bisa anda buat sendiri dengan mencampurkan air dan juga hidrogen peroksida atau baking soda. Anda bisa terbantu dengan obat kumur tersebut bisa mengurangi rasa sakit di gusi. Anda bisa berkumur beberapa dalam kali sehari untuk mencegah produksi dan penyebaran bakteri di mulut.


 12  Kulit Andong

Kulit andong juga bisa sangat bermanfaat anda sebaiknya menyiapkan garam dapur secukupnya serta kulit dari tanaman andong. Cucilah kulit andong sampai benar-benar bersih sampai kotoran yang tertempel benar-benar hilang, anda bisa mengunyah kulit andong dan berilah garam dapur secukupnya lalu masukkan pada gusi yang sedang sakit.

Jika gusi bengkak yang Anda derita sudah sembuh akan membuat Anda menjadi nyaman. Agar gusi bengkak tidak kambuh akan lebih baik jika Anda rutin membersihkan mulut dengan cara benar menggosok gigi. Cara yang satu ini sangat ampuh untuk mencegah gusi bengkak kambuh kembali. Semua cara dan bahan yang disebutkan diatas sangat mudah untuk Anda dapatkan dengan harga yang cukup terjangkau. Hal yang paling penting adalah semua bahan tersebut sangat aman dan tidak berbahaya jika digunakan. Semoga informasi cara mengobati sakit gusi bengkak ini bermanfaat untuk sahabat dokter gigi.

69 Responses to "12 Cara Mengobati Sakit Gusi Bengkak"

  1. informasi dan tip tips nya sangat berguna, terimakasih.

    ReplyDelete
  2. Kalau sudah kena sakit gigi/gusi, rasanya nggak ketulungan ya.
    Mau nyobain kumur2 pake air garam dulu ah yang gampang hehehe.
    Makasih infonya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana gan dulu pas kumur-kumur pakai air garam? langsung sembuh apa ga gan? Ga ada efek sampingnya kan? Terima kasih sebelumnya.

      Delete
  3. Trims info nya.. pas nih lg bengkak gusi kiri sy. Nyut2an nya sampe ke kepala pusiing

    ReplyDelete
  4. sakit gigi di bawa kerja, enak banget rasanya :')

    ReplyDelete
  5. Lagi ujian praktek malah sakit gigi ampun deh...nyobain dlu pkek tips yg di atas

    ReplyDelete
  6. Ni gusi bengkak... Sampek ke pipi ikutan bengkak kaya sinchan dech... Mau coba dlu moga aja cepet sembuh.. amiin... Maksih infonya...

    ReplyDelete
  7. Thanks to info... Sangat bermanfaat ..

    ReplyDelete
  8. I want to try.. Thanks to infrm

    ReplyDelete
  9. Makasih info nya, mau dicoba ah, kbtulan gusi bengkak nih, nyut2an smpai sakit kpala, sy jg lg hamil...

    ReplyDelete
  10. Bermanfaat sekali info nya. Terimakasih

    ReplyDelete
  11. Nyoba lah semoga salah satu cara di atas berhasil

    ReplyDelete
  12. Sangat membantu infox gan.....

    Trim ya dok...

    ReplyDelete
  13. cara2 di atas bisa untuk atasi gusi merah yang sakit jika di tekan gak ? soalnya gusi kanan saya tidak bengkak cuman lebih merah dari gusi kiri saya, dan sedikit sakit jika di tekan. mohon petunjuknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bengkak la tu namenye.....cuma awal lagi.....

      Delete
    2. Bengkak la tuu...cuma awal lagi...

      Delete
  14. moga bnran brhasill..
    trims postnya

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah, ada solusi sakit gusi... Ampun deh kalo sdh sakit gusi... Mak cleng rasanya. Thank's info nya

    ReplyDelete
  16. Baru pertama ini..
    Hari ini bangun2 da ngilu gusiq bengkak..
    Thanks tipsnya..

    ReplyDelete
  17. Pipi kanan keliatan bengkak...ternyata gara2 gusinya bengkak....smoga besok redaan bengkaknya...

    ReplyDelete
  18. Gara" gusi bengkak anak ku nangis terus makasih infonya semoga cepet kempes deh deh gusiny

    ReplyDelete
  19. Gusi yg sakit sampe kepala pun rasanya nyut"..gila abisss

    ReplyDelete
  20. Thanks dari penderita gusi bengkak ...he he he

    ReplyDelete
  21. makasih ya info nya .. semoga manjur ini tips2 nya .
    saya nyobain pake garam aja yg simple dikit ^_^

    ReplyDelete
  22. Terima kasih…infonya bagus dan sangat bermanfaat
    SALAM SUKSES..!!

    ReplyDelete
  23. Gilaa pipiku besar banget. Gara2 gusi bengkak. Malu banget diliat orang2 pas keluar rumah. Kayak sinchan aja huufftt

    ReplyDelete
  24. baru coba... tinggal nunggu hari saja... trims

    ReplyDelete
  25. sist artikelnya sangat membantu saya..terima kasih

    ReplyDelete
  26. kebetulan lagi nyari solusi,terima kasih

    ReplyDelete
  27. Yang bengkak sebelah kanan, yang sakit seluruh mulut -_-
    Makasih infonya

    ReplyDelete
  28. malam ini gusiku bengkak sangat mengganggu sekali waktu istirahat, tp saya mau nyoba dulu yang kumur pakai air garam makasih infonya

    ReplyDelete
  29. Gusi paling pojok bengkak yg sebelah kiri.. Udh 4hari. Udh pake obat segala macam ngga ada hasilnya masih sakit bgt :'(

    ReplyDelete
  30. terima kasih infonya sobat, kebetulan saya mengalami masalah yang satu ini...

    ReplyDelete
  31. Arek ngajaran ah... Nuhun kang kana babacaan na.. Sing jadi ibadah nolongan sasama

    ReplyDelete
  32. Trims infonya. Apakah ini berlaku juga untuk lokasi bengkak gusi di langit mulut?

    ReplyDelete
  33. Mau saya coba yg pakai garam. Mohon doanya ya biar cepat sembuh. Amin

    ReplyDelete
  34. Sdah dua hr gusi bengkak,gak nyaman rasanya.mo coba tips d atas dech.semoga berhasil....

    ReplyDelete
  35. makasih tas infonya aduh sakitnya sampe ke saraf :'(

    ReplyDelete
  36. Anak ku umur empat tahun gusinya bengkak haduhhh anyara takut dan bingung mau diapain udh dibawa kedokter eh malah pipinya skarang yg bengkak ...mau coba kumur pake garam dulu aja bisa ga yah...thank's infonya

    ReplyDelete
  37. Sama ja rasa....x hilang sakit pon...ada x yang lebih efektif....sakit niii

    ReplyDelete
  38. Terima kasih. sangt berguna pada semua orang

    ReplyDelete
  39. Ampuuun rasanya gusi bengkak di gigi bungsu 😭

    ReplyDelete
  40. Malam ini gusi saya bengkak sampai sampi bibir pun bengkak. Ampun deh. Tes nyubain tips dia atas la

    ReplyDelete