close
Beranda · Tips Gigi · Tips Mulut · Gigi Putih · Gigi Berlubang

10 Makanan Bernutrisi untuk Kesehatan Gigi dan Gusi

Kesehatan Gigi - 10 Makanan Bernutrisi untuk Kesehatan Gigi dan Gusi. Ternyata Gigi adalah salah satu alasan seseorang tidak percaya diri. Karena sering kali gigi mengalami plak dan gangguan gusi. tetapi anda tak perlu khawatir dengan keadaan seperti itu, karena dengan memakan makanan yang penuh nutrisi, anda dapat menjaga gigi dan gusi anda agar tetap sehat dan bebas penyakit.

Selain enak untuk di makan 10 buah ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan anda. Karena dengan mengkonsumsi makanan ini anda dapat pula menjaga kesehatan gusi, gigi dan mulut baik luar dan dalam. 

    Penuhi Nutrisi Pada Gigi dan Gusi dengan 10 Makana Sehat    

memakan buah apel
Ilustrasi Memakan buah apel untuk kesehatan gigi

Berikut 10 makanan bernutrisi untuk kesehatan gigi dan gusi.

 1  Stroberi

Siapa yang mengira buah cantik berwarna merah ini bisa menghilangkan sedikit demi sedikit noda pada gigi. Namun, itulah faktanya karena buah ini mengandung Malic Acid yang berfungsi untuk menghilangkan noda pada gigi anda.
ADVERTISEMENT
 2  Brokoli

Sayuran yang berbentuk seperti bonsai dan berwrna hijau ini juga memiliki peran penting untuk gigi. Mengapa? Karena brokoli bisa menguatkan enamel gigi dengan memberikan lapisan anti-asam. Maka dari dari kita sangat dianjukan untuk mengkonsumsi brokoli Ini.

 3  Jamur shitake

Jamur shitake mungkin masih asing ditelinga kita karena jamur ini jarang ditemui di Indonesia. Tetapi jamur shitake ini terbukti mengandung lentinan yang dapat mencegah bakteri yang berkembang dalam mulut dan membuat mulut terbebas dari plak. Jadi dapatkan nutrisi untuk kesehatan gigi dan gusi dengan  cara mengonsumsi jamur shitake.

 4  Apel

mengandung asam yang dapat memutihkan gigi. Tetapi masih harus dipastikan bahwa apal yang dikonsumsi itu masih dalam keadaan segar. Tetapi tentu saja anda tetap harus menyikat gigi setelah makan buah apel.

 5  Wortel dan Seledri

Wortel dan seledri bisa membantu membersihkan bakteri yang menyebabkan noda pada gigi anda. Ini juga menjadi salah satu alasan kenapa gigi kelinci bersih. wortel dan seledri juga akan mebantu menghasilkan air liur yang bisa menjadi cairan pembersih mulut alami.

 6  Jeruk dan nanas

Tentu Buah-buahan ini sudah tidak asing, karena mengandung asam jeruk dan nanas ini akan membantu untuk merangsang produksi air liur agar mulut bebas dari bakteri. Menggosokkan kulit jeruk secara langsung juga dapat membuat gigi terlihat lebih putih karena menghilangkan tartar, mungkin ini masih jarang diketahui.

 7  Biji wijen

kebanyakan orang tentu berpikir berbeda bila melihat biji wijen, tetapi faktanya buah ini bisa menghilangkan plak dan membantu menguatkan enamel gigi juga. Biji wijen yang kaya akan kalsiumnya ini juga bisa memperkuat tulang gigi dan gusi.

 8  Teh hijau

Selain untuk diet, teh hijau yang mengandung catechin. Catechin ini bisa membunuh bakteri dengan cara mengubah gula menjadi plak di dalam mulut dan juga mampu menghilangkan bakteri penyebab bau pada mulut.

 9  Keju keras

Karena mengandung karbohidrat yang rendah dan tinggi akan kalsium juga fosfat akan memberikan beberapa keuntungan untuk mulut dan gigi. Karena kanduangan keju tersebut bisa menyeimbangkan pH yang akan mencegah pertumbuhan bakteri.

 10  Kiwi

Kadar vitamin C pada buah kiwi yang lebih banyak dari buah lainnya bisa mencagah gusi anda sehat. Karena sebuah penelitian menemukan bahwa jaringan kolagen pada gusi bisa rusak dan membuat gusi Anda rentan terkena bakter dan kandungan vitamin C ini akan mencegahnya.

Jadi inilah 10 makanan bernutrisi untuk kesehatan gigi dan gusi. Karena nutrisi yang bisa menjaga kesehatan gigi dan gusi, jagalah kesehatan gigi dan gusi anda denga menyikat gigi secara terartur dan juga mengkonsumsi buah buahan seperti diatas.
loading...

0 Response to "10 Makanan Bernutrisi untuk Kesehatan Gigi dan Gusi"

Post a Comment