4 Penyebab Utama Gigi Berlubang

Kesehatan Gigi - Penyebab gigi berlubang berikut wajib untuk Anda ketahui agar Anda juga dapat menghindarinya. Dengan begitu, Anda dapat memiliki gigi sehat dan tidak berlubang. Memiliki gigi sehat adalah kebahagiaan yang ingin dimiliki oleh semua orang, siapa yang tidak ingin memiliki gigi sehat dan bersih. 

Gigi yang berlubang adalah masalah yang cukup serius, gigi yang berlubang banyak terdapat bakteri yang dapat menyebabkan rasa sakit gigi mudah muncul. Sakit gigi adalah rasa nyeri yang sangat mengerikan yang dirasakan pada gigi.

      Ketahui 4 Penyebab Utama GIgi Cepat Belubang      

Penyebab Gigi Berlubang
Ilustrasi Menagalami Gigi Berlubang
Gigi berlubang merupakan salah satu masalah mulut yang cukup serius, Anda harus mengetahui secara pasti penyebab gigi berlubang dan cara mengatasinya. Ini wajib untuk Anda ketahui, tidak hanya untuk Anda sendiri tetapi juga untuk keluarga atau orang yang Anda sayangi. Tentu saja Anda tidak akan tega jika keluarga Anda mengalami rasa sakit gigi yang menyiksa. Oleh sebab itu, simak dengan baik ulasan penyebab gigi berlubang berikut untuk menambah wawasan Anda. Gigi berlubang dapat terjadi pada semua orang tanpa melihat usianya.
ADVERTISEMENT
Penyebab gigi berlubang dan cara tepat mengatasinya



 1  Cara menyikat gigi yang tidak benar

Penyebab gigi berlubang yang paling sering terjadi yaitu karena cara menyikat gigi yang tidak benar. Dalam hal ini, cara menyikat gigi yang benar yaitu dengan menyikat gigi dari atas ke bawah ataupun sebaliknya. Bukan dari kanan ke kiri ataupun sebaliknya. Selain itu, sebaiknya dilakukan selama 1 sampai 2 menit. Akan lebih baik jika menyikat gigi dilakukan didepan cermin, maka kotoran akan mudah terlihat. Anda harus memastikan bahwa bakteri penyebab gigi berlubang tidak ada lagi.


 2  Adanya bakteri

Bakteri merupakan penyebab gigi berlubang yang cukup serius, dimana bakteri ini dapat membuat kesehatan gigi semakin buruk. Bakteri yang terdapat dalam mulut dapat menjadi penyebab adanya pengikisan email yang dapat meretakkan gigi bahkan membuat gigi berlubang. Gula adalah zat yang sering membuat gigi cepat retak dan berlubang. Dimana bakteri yang ada dalam mulut akan mengubah sisa gula yang terdapat di mulut menjadi asam. Asam inilah yang menjadi penyebab gigi berlubang sakit.


 3  Sikat gigi yang salah


Sikat gigi juga merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan gigi Anda. Dengan menggunakan sikat gigi yang tepat, maka gigi Anda tidak akan mudah terkikis dan tetap sehat. Sikat gigi yang benar yaitu yang memiliki bulu lembut, tidak kasar. Jika bulu sikat gigi kasar, maka dapat membuat lapisan email cepat mengikis dan membuka lapisan tengah gigi Anda terbuka. Jika sudah terbuka, akan lebih berpotensi untuk berlubang karena sangat sensitif dan mudah sakit. Selain itu, perhatikan juga kebersihan sikat gigi Anda. Ini juga merupakan penyebab gigi berlubang. Jangan digunakan terlalu lama, setidaknya dalam waktu 3 bulan Anda sudah harus menggantinya.


 4  Makanan terlalu manis

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, gula adalah zat yang dapat menjadi penyebab gigi mudah berlubang. Makanan manis umumnya menggunakan gula sebagai pemanis. Jika zat gula masih ada yang tersisa di sela-sela gigi, maka ini akan menjadi penyebab gigi Anda cepat berlubang. Kurangilah konsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis atau yang banyak mengandung gula.

Itulah sedikit ulasan mengenai penyebab gigi berlubang dan juga cara tepat untuk mengatasinya, semoga apa yang telah disampaikan dapat bermanfaat untuk sahabat blog dokter.

0 Response to "4 Penyebab Utama Gigi Berlubang"

Post a Comment